Bupati Tegal Umi Azizah memberikan apresiasi kepada finalis dan meminta mereka untuk berkomitmen menjadi bagian dari sebuah gerakan kepedulian untuk mengampanyekan cinta lingkungan dan mempraktikkan gaya hidup minim sampah plastik. Hal tersebut disampaikan Umi Azizah diperhelatan ajang final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup di Pendopo Amangkurat, Sabtu 12 Agustus 2023. “Sejalan dengan tema kampanye Go Green hari ini hidup asyik tanpa sampah plastik, saya minta harus ada aksi nyata dari para duta lingkungan yang tidak hanya sekedar kemampuannya menguasai teori penanganan sampah plastik ataupun komitmen yang terucap secara lisan,” paparnya.

Dijelaskan, akan tetapi bagaimana perannya sebagai duta lingkungan mampu mempengaruhi dan menggerakkan orang lain merubah perilakunya meminimalisir penggunaan kantong plastik sekali pakai, tidak memakai styrofoam untuk mengemas makanan, tidak menggunakan tisu basah yang ternyata ada kandungan resin plastik, sampai penggunaan popok bayi sekali pakai. Selain tentunya juga menjadi contoh pribadi teladan yang menerapkan pola hidup minim sampah plastik di kesehariannya.

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muchtar Mawardi, S.KM M.Kes didampingi Kabid Penataan Lingkungan, Taroyo menyatakan agenda pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini digulirkan sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan kader-kader lingkungan hidup sebagai penggerak di tengah masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan lingkungan hidup, terutama yang menyasar generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini diantaranya untuk meningkatnya pemahaman dan pengetahuan generasi muda tentang permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di tengah masyarakat, serta kemampuan generasi muda dalam membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup. Selebihnya menciptakan kader-kader lingkungan hidup dari generasi muda yang dapat menjadi penggerak dan pelopor masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” cetusnya. Dari hasil penilaian Dewan Juri ditetapkan Juara I Putra Duta Lingkungan Hidup tahun ini diraih M. Rantawan Kusuma siswa SMAN 1 Slawi , untuk putri diraih Selsya Dera Amanda siswa SMKN 1 Slawi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *