Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan orang yang merawat anak yatim akan berada di surga seperti ini, lalu beliau menunjukkan dengan mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan sedikit merenggangkan keduanya. (HR. Bukhari). Hari Jumat, tanggal 11 Agustus 2023 M bertepatan dengan tanggal 24 Muharram 1445 H pukul 08.00 sampai dengan 11.00 wib Pengurus dan Pembina OSIS SMK Negeri 1 Slawi menyelenggarakan kegiatan santunan anak yatim piatu.

Dana santunan berasal dari sumbangan sukarela siswa kelas X dan kelas XI terkumpul sejumlah Rp 2.577.000 dibelikan beras dan mie instan, kemudian diberikan kepada anak-anak yatim piatu dan santri dalam binaan Panti Asuhan Darul Farroh Desa Harjosari Kecamatan Adiwerna dan Rumah Yatim Bina Anak Sholeh Desa Kalisapu Kecamatan Slawi serta Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Huda Al-Mahamid Desa Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru. Dalam sambutannya, Dra. Lutfah Barliana, M.Pd., Kepala SMK Negeri 1 Slawi, mengatakan, “Anak yatim mendapatkan kedudukan mulia di dalam Islam. Keadaannya yang tidak memiliki ayah membuat Rasulullah SAW begitu memperhatikan kehidupan mereka. Sepanjang hidupnya, beliau SAW tak pernah lepas dalam memperhatikan anak-anak yatim tersebut.” Lebih lanjut beliau menyampaikan, “Memberi sedekah atau santunan memang bisa dilakukan kepada siapa pun, seperti fakir miskin dan anak-anak yatim. Banyak amalan yang bisa dikerjakan saat bulan Muharram ini, bulan yang juga dikenal sebagai bulan anak yatim, salah satunya sedekah dengan menyantuni anak-anak yatim”.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Slawi, Akhmad Khanan, S.Ag., M.Pd.I, mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas partisipasi dari siswa-siswi SMK Negeri 1 Slawi, “Dengan melakukan amal kebaikan di bulan Muharram ini akan mendatangkan kemuliaan bagi kita, serta harta yang dikeluarkan di jalan Allah SWT tercatat sebagai amal sholeh dan dibalas oleh-Nya dengan yang lebih baik. Aamiin yaa Rabbal ‘alamin. (Khanan)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *