SMK Negeri 1 Slawi mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan 1444 H dengan tema “Penguatan Profil Pelajar Pancasila  dan Moderasi Beragama Melalui Pesantren Ramadhan 1444 H”. Kepala SMK Negeri 1 Slawi, Drs. Parman, M.Pd., mengatakan bahwa tujuan melakukan Penguatan Profil Pelajar Pancasila  dan Moderasi Beragama melalui Pesantren Ramadhan di SMK Negeri 1 Slawi ini antara lain, Pertama, untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam melaksanakan keimanan kepada Allah SWT, melaksanakan kebhinekaan sesuai dengan prinsip-prinsip moderasi beragama yang diaplikasikan pada momen bulan Ramadhan. Kedua, untuk memandu aktivitas ibadah siswa secara mandiri yang dilakukan di sekolah maupun di rumah. Ketiga, untuk memberikan inspirasi dalam rangka menyemarakkan ibadah di sekolah selama bulan Ramadhan.

Kegiatan Pesantren Ramadhan diikuti oleh seluruh siswa kelas X sejumlah 714 orang dilaksanakan mulai hari senin tanggal 27 maret sampai dengan hari Selasa tanggal 11 April 2023 dibagi dalam tiga tempat yaitu di aula, di masjid dan di mushalla. Siswa berangkat ke sekolah pukul 07.30 wib menempati ruangan sesuai yang telah ditentukan, kemudian presensi dan shalat Dhuha yang dipantau langsung oleh para Wali Kelas pada pukul 08.00-08.30 wib. Dilanjutkan dengan Tadarus Al-Quran selama 60 menit, mulai pukul 08.30-09.30 wib. Dan pada pukul 10.00-11.00 wib penyampaian materi oleh narasumber, demikian seterusnya kegiatan dilaksanakan selama sebelas hari.

Materi yang disajikan dalam kegiatan Pesantren Ramadhan ini diambil dari aspek-aspek dalam ajaran Islam, seperti aspek al-Quran, aspek hadits, aspek Fiqih ibadah, aspek Akidah/keimanan, aspek Akhlak, dan aspek Tarikh/sejarah, yang dikemas dengan beberapa isu-isu kontemporer yang baru mengemuka, antara lain Menangkal Konten Pornografi Diruang Digital, Smart dalam Bermedia-sosial, Kaligrafi Digital, Teknik Pidato (Khithabah), Akhlak Kepada Orang Tua dan Guru, Moderasi Beragama (Nabi Muhammad SAW sebagai Inspirasi Umat), dengan narasumber oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu Akhmad Khanan, S.Ag., M.Pd.I.,  Drs. Muhamad Aminudin, Kaniah, S.Ag., M.Pd.I., Wirjamhari, S.Ag., Nabila Banafsaj, M.Pd.I dan guru lainnya yang relevan yaitu Y. Agung, S.E., S.Kom, M.Pd., Saryoto, S.Si., Luqman Azhar J. M.Pd., Fahrurozi, S.Kom., Moh. Tahril, S.Kom., Drs. Partana, Dwi Wuryatni, S.Pd., Endah Setyorini, S.Pd., Prisma Naufaludin, S.Pd., Firman, S.Kom., Tri Budi Djati R. S.Pd., Nazarudin Zen, S.Kom., Misno, S.Pd., Dani Nurdiansyah, S.Kom., dan narasumber dari Lembaga Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal. Semua materi diberikan kepada peserta didik dengan pendekatan, metode, strategi dan teknik yang menarik dengan menekankan proses kajian yang menuntut peserta didik aktif.

Puncak kegiatan Pesantren Ramadhan ditutup dengan kegiatan Peringatan Nuzulul Quran pada hari Senin tanggal 11 April 2023 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.30 WIB dengan serangkaian kegiatan antara lain pembagian 500  bungkus Takjil buka puasa, penyaluran sumbangan satu kwintal beras untuk Yayasan Panti Sosial Asuhan Anak “Darul Farroh” Desa Harjosari Kec. Adiwerna, penyerahan dana sosial kepada tiga orang tua siswa yang meninggal dunia, Khatmil quran, ceramah agama/Mauidhah hasanah, buka puasa bersama dan hiburan pentas seni hadroh.

Dalam sambutannya, Akhmad Khanan, S.Ag., M.P.d.I., Wakil Kepala Sekolah urusan Kesiswaan SMK Negeri 1 Slawi mengatakan, “Momen bulan Ramadhan waktu yang tepat untuk menyemai dan membiasakan nilai-nilai yang terkandung dalam Profil pelajar pancasila yang memiliki enam dimensi yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Elemen-elemen dari masing-masing dimensi ini sangat berkesesuaian dengan nilai-nilai moderasi beragama, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan kearifan lokal.” (Khan)

Foto kegiatan lebih lanjut bisa dilihat di :
https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FSMKN1SLAWIHUMAS%2Fposts%2Fpfbid0oVCrurWSLGBjdM7kNyFUKXp82NgPzpkeuFpKY4YXLkFaF1CxCuNN7QBDFWM1Vo1ml&show_text=true&width=500

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *