Bulan Ramadhan merupakan bulan tarbiyah (pendidikan). Momentum mulia ini sangat perlu didesain dengan baik untuk membentuk karakter peserta didik. Ekstra kurikuler Rohis SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal telah partisipasi aktif dalam Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMA/SMA Provinsi Jawa Tengah.

Kegitan Pesantren Ramadhan Virtual SMA/SMK se Provinsi Jawa Tengah diikuti juga seluruh siswa-siswi Rohani Islam (Rohis) SMA/SMK se Provinsi Jawa Tengah, yang dimulai dari tanggal 1 Maret 2022 sampai dengan 30 April 2022 dengan rangkaian kegiatan lomba tilawah online, lomba resik-resik masjid sekolah dan sekitar, lomba video inspiratif, kajian ngabuburit online, dan pesantren Ramadhan online.

Tanggal 12 – 14 April 2022 sejumlah seratus siswa Rohis SMK Negeri 1 Slawi mengadakan nonton bareng (nobar) kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual SMA/SMK se- Jateng, bertempat di aula sekolah. Dalam kata sambutan, Kepala SMK Negeri 1 Slawi menyampaikan, “Melalui kegiatan Pesantren Ramadhan sebagai bentuk ikhtiar agar pelajar menjadi generasi yang religius yang moderat, kreatif, peduli, dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Kepala sekolah pesan, di masa pandemi sekarang ini prokes agar dilaksanakan dengan tetap pakai masker, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan. Drs. Parman, M.Pd juga berharap, agar seluruh peserta nobar mengikuti semua rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual dengan niat yang benar dan mendapat ilmu yang bermanfaat.

Pesantren Ramadhan Virtual SMA/SMK se- Jateng tanggal 12 April 2022 dimulai pukul 07.30 wib diawali dengan Shalat Dhuha dan tadarus Al-quran. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah serta secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan penyajian materi “Ngaji Bareng Kyai” bersama DR. K.H. In’amuzzahidin, M.A (Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Semarang dan materi “Fikih Puasa” oleh MUI Jawa Tengah, sampai dengan pukul 12.00 wib diteruskan shalat Dhuhur berjamaah.

Hari kedua Pesantren Ramadhan Virtual tanggal 13 April 2022 dimulai pukul 07.00 diawali dengan shalat dhuha dan tadarus al-Quran. Dilanjutkan penyajian materi Fikih “Zakat, Infak dan Sedekah” oleh BAZNAS Jateng dan materi “Puasa dan etos kerja” oleh DR. Hendrar Prihadi, S.E., MM (Wali Kota Semarang) sampai dengan pukul 12.00 wib diteruskan berjamaah shalat Dhuhur.

Hari ketiga, 14 April 2022 kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual dimulai pukul 12.30 dengan shalat Dhuhur berjamaah dan tadarus Al-quran (Khataman al-Quran). Pukul 13.00 wib DR. H. Amrullah, M.Pd (Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI) berkenan hadir secara langsung di Aula Masjid Agung Jawa Tengah memberikan penguatan kepada Rohis dan Guru Pembina Rohis SMA/SMK Se-Jawa Tengah. Setelah itu dilanjutkan dengan kajian kitab Ta’lim Muta’allim bersama DR. M. Rizka Chamami, M.S.I (Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M UIN Walisongo Semarang).

Kegiatan berlanjut dengan shalat ashar berjamaah dan penampilan Grup Rebana SMAN 2 Semarang. Kemudian acara “Ngabuburit Ngobrol Bareng” Bersama Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP (Gubernur Jawa Tengah), dan kegiatan ditutup dengan Pengumuman Juara Lomba Tilawah Online dan Lomba Video Inspiratif serta Buka Puasa Bersama.

Alya Safa Nuraeni, siswa kelas XI BDP 4 SMKN 1 Slawi memperoleh Juara II (Kedua) Lomba Tilawah Online dan Tim Resik-resik Masjid Rohis SMKN 1 Slawi pun mendapatkan Juara I (Pertama) Lomba Video Inspiratif pada kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual SMK Se Jawa Tengah Tahun 2022 ini. (Khanan)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *