Doa bersama istighotsah dalam rangka menghadapi US, UNBK dan UKK

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Kata “istighotsah” berasal dari “al-ghouts” yang berarti pertolongan atau meminta pertolongan. Maksudnya adalah memohon pertolongan dari Allah SWT untuk terwujudnya sebuah “keajaiban” atau sesuatu yang paling tidak dianggap tidak mudah untuk diwujudkan. Istighotsah sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. Oleh karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu.

Sebanyak 556 peserta didik kelas XII semua program keahlian, bapak/ibu guru dan karyawan lakukan istighosah bersama hari Jumat (28/2/2020) pukul 07.30 wib sampai dengan 09.30 wib di Masjid Ikhwanul Muslimin SMK Negeri 1 Slawi. Kegiatan diawali dengan sholat dluha dan sholat hajat berjamaah yang dipimpin oleh Guru Pendidikan Agama Islam kemudian dilanjutkan dengan dzikir dan doa bersama oleh Arif Mulyadi, S.Pd.I., M.Pd., Akhmad Khanan, S.Ag., M.Pd.I dan Drs. Muhammad Aminudin.

Mewakil Kepala Sekolah, waka Humas SMKN 1 Slawi menyampaikan permintaan maaf kepala sekolah tidak bisa ikuti kegiatan karena sedang tugas dinas keluar kota. “Istighosah digelar sebagai bentuk persiapan anak-anak yang akan menempuh ujian, baik ujian sekolah, UNBK, dan UKK. Kegiatan ini merupakan bagian usaha dari sekolah untuk mempersiapkan secara ruhani dan mental agar tenang dalam mengahadapi ujian dan diharapkan bisa menggapai apa yang dicita-citakan, sukses dalam segala hal,” kata waka humas SMKN 1 Slawi.

Lebih lanjut bisa dilihat di media jejaring sosial SMK Negeri 1 Slawi :

https://www.facebook.com/354196178621778/posts/507244723316922/

Doa bersama istighotsah dalam rangka menghadapi US dan UNBKKata “istighotsah” berasal dari “al-ghouts” yang berarti…

Posted by HUMAS SMKN 1 SLAWI on Thursday, February 27, 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *