Belajar Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua MPK – OSIS

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri, anak dan luar ruangan

Para peserta didik SMK Negeri 1 Slawi kembali menyelenggarakan agenda rutin tahunan; Pemilihan Ketua OSIS dan MPK pada hari Jum’at, 30 Agustus 2019 pukul 15.00 – 17.00 wib bertempat di lapangan upacara. Menurut Pembina OSIS, Akhmad Khanan, S.Ag., M.Pd.I, pelaksanaan kegiatan pemilihan dilaksanakan secara langsung dan seperti pemilihan kepala daerah. “Pemilihan Ketua OSIS–MPK dilaksanakan seperti halnya pelaksanaan pemilihan umum (Pilpres, pilkada), yaitu secara demokratis yang bersifat lansung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Selain berlangsung secara terbuka, peserta didik kelas X, XI dan XII berkesempatan secara langsung menentukan pilihan mereka sendiri,” ungkap Akhmad Khanan.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan luar ruangan

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK N 1 Slawi, Indah Eko Cahyani, S. Pd., M.Pd, yang juga mengawasi secara langsung proses penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS–MPK periode 2019/2020 menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan bagi para peserta didik untuk belajar demokrasi dan bebas untuk menyatakan pendapat. “Dengan pemilihan ini para peserta didik berkesempatan untuk memilih dan menyalurkan aspirasi sesuai dengan hati nurani masing-masing tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Selain itu juga pemilihan dapat mengajarkan kepada para siswa akan kebebasan untuk menyatakan pendapat. Dengan begitu proses pembelajaran demokrasi yang sesungguhnya bisa diaktualisasiskan dengan baik.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

“Tahapan Pemilihan OSIS selalu bisa menjadi wadah untuk membudayakan demokrasi yang dapat membentuk karakter peserta didik untuk selalu menjunjung kejujuran dan kebebasan dalam berekspresi. Selain itu, ini dapat menjadi gambaran awal bagi para peserta didik untuk memahami proses pemilihan. “Sistem yang digunakan dalam pemilihan Ketua MPK/OSIS kali ini mengadopsi sistem yang biasanya digunakan dalam pemiliham umum dan pemilihan kepala daerah, yaitu mulai dari sidang Pleno OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK), penjaringan calon dan penetapan calon, pengundian dan penetapan nomor urut calon, dan seterusnya,” ungkap Indah Eko Cahyani.

Pembina OSIS, Akhmad Khanan, S.Ag., M.Pd.I, mengungkapkan bahwa seluruh tahapan Pemilihan Umum Ketua OSIS–MPK SMKN 1 Slawi berlangsung dalam sepekan dan alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Semoga ketua dan wakil ketua OSIS–MPK terpilih dapat melaksanakan tugas dan program yang diemban dengan baik.

Berdasarkan hasil penghitungan suara tersebut, maka Sari Febriana menjadi Ketua MPK dan Febriani Aisya menjadi Ketua OSIS periode Tahun 2019/2020. Good Luck. We are Champions (Khan)

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan
Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan luar ruangan
Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri dan luar ruangan
Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri, anak dan luar ruangan
Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan
Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan luar ruangan

Secara lebih lengkap bisa dilihat di :

https://www.facebook.com/354196178621778/posts/391358681572194/

BELAJAR DEMOKRASI MELALUI PEMILIHAN KETUA MPK – OSISPara peserta didik SMK Negeri 1 Slawi kembali menyelenggarakan…

Posted by HUMAS SMKN 1 SLAWI on Sunday, September 1, 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *